Misteri Sejarah Putri Duyung dan Pendapat dari Berbagai Sumber - Putri Duyung adalah hewan mitologi yang sampai sekarang masih belum jelas keberadaannya, ada yang masih percaya dan ada yang masih tidak percaya. Sampai - sampai para seniman membuat film yang berjudul The Little Mermaid pada tahun 1989. Disini kita akan membahas tentang sejarah Putri Duyung dan pendapat dari berbagai sumber. Berikut Misteri Sejarah Putri Duyung dan Pendapat dari Berbagai Sumber.

Misteri Sejarah Putri Duyung dan Pendapat dari Berbagai Sumber


Sejarah Putri Duyung

1.  Asiria

Asiria atau biasa dibilang Asyur, adalah sebuah kerajaan yang berada di hulu sungai Tigris, Mesopotamia, Irak. Cerita masalah Putri Duyung ini sudah ada pada zaman kerajaan Asiria sejak tahun 1000 SM. Menurut cerita pada zaman itu, ada seorang wanita bangsawan cantik yang jatuh cinta kepada pria yang hanya bekerja sebagai gembala, kemudian mereka menikah. Pernikahan itu dilakukan secara sembunyi - sembunyi agar rakyat tidak tahu.

Setelah lama menikah, pernikahan mereka pun tersebar hingga keseluruh kerajaan. Dan pada saat itu pula, suami wanita bangsawan itu mati secara misterius tanpa sebab yang jelas. Akhirnya wanita bangsawan itu sedih dan disertai dengan rasa malu, yang kemudian ingin mengakhiri hidupnya dengan menceburkan diri ke sebuah danau. Bukannya mati, wanita itu malah berubah menjadi makhluk aneh, kepala dan badannya seperti manusia, sementara dari pinggang hingga kaki menyerupai seperti ikan.

2.  Jepang

Negara Jepang pun mempunyai cerita tersendiri mengenai asal - usul putri duyung. Dikisahkan ada seorang nelayan yang beragama Shinto. Shinto adalah kepercayaan resmi yang saat ini ada di Jepang. Nelayan tersebut memiliki seorang guru dan berjanji tidak akan memakan hewan apapun. Tetapi, nelayan itu malah mengingkari janjinya dan diapun dikutuk oleh gurunya menjadi manusia setengah ikan. Semenjak kejadian itu, orang yang menganut agama Shinto dilarang untuk memakan hewan.

3.  Yunani dan Romawi

Jika asal - usul putri duyung di Asiria dan Jepang terjadi akibat orang yang dikutuk, lain halnya dengan legenda bangsa Yunani dan Romawi. Bangsa Yunani dan Romawi percaya, bahwa putri duyung memang sengaja diciptakan dewa untuk menjadi pengawal dewa dewi lautan seperti Neptune, Zeus, dan Triton. Menurut legenda, bangsa duyung memiliki dua jenis kelamin, yaitu laki - laki dan perempuan. Mereka juga meyakini bahwa putri duyung adalah penjaga lautan.

Pendapat Dari Berbagai Sumber

1.  Menurut Christopher Columbus

Christopher Columbus adalah seorang penjelajah dan pedagang asal Genoa, Italia yang lahir pada 30 Oktober 1451. Pada catatan perjalanan Columbus saat menjalahi dunia, dijelaskan bahwa pada saat Columbus dan para awak kapalnya berada di perairan Karibia, tepatnya didekat kepulauan hawai, mereka melihat ada tiga makhluk aneh diatas hamparan karang sedang berjemur, kemudian makhluk aneh itu menyelam kelaut setelah sadar akan kehadiran kapal Columbus. Columbus dan para awak kapal sangat heran, karena apakah ada di bumi makhluk seperti itu? dari kepala sampai pinggang berbentuk manusia, selebihnya berbentuk ikan.

2.  Menurut Henry Hudson

Henry Hudson adalah seorang penjelajah asal Inggris yang lahir sekitar tahun 1565. Sama halnya dengan Columbus, Hudson bertemu dengan sosok putri duyung pada saat dia lagi menjelajahi dunia. Dalam catatan perjalanannya, diceritakan bahwa Hudson melihat makhluk seperti putri duyung di perairan utara Rusia, tepatnya didekat kutub utara. Putri duyung itu berdiam diri dihamparan batu karang. Pada saat Hudson mendekat, putri duyung itu langsung menyelam ke laut.

3.  Menurut Ilmuwan

Setelah banyaknya fosil - fosil dan penemuan - penemuan tentang putri duyung, membuat para ahli biologi yang tergabung dalam organisasi yang bernama WAB (World Association Biological) melakukan penelitian yang sangat panjang untuk meneliti tentang putri duyung. Dana yang dihabiskan pun tidak sedikit, yaitu 3,2 juta US atau sekitar 41,6 milyar rupiah. Hasil yang diperoleh dari penelitian itu adalah ditemukannya hewan seperti dugong, mantee, dan sapi laut. Para peneliti pun masih penasaran dan terus meneliti putri duyung.

4.  Menurut Islam

"....Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda- tanda (kekuasaan) kami di segala wilayah bumi dan pada diri mereka sendiri, hingga jelas bagi mereka bahwa Al-quran itu adalah benar. Tidaklah cukup bahwa sesungguhnya tuhanmu menjadi saksi atas segala sesuatu?" (QS. Al - Fushillat: 53)
"Allah pencipta langit dan bumi, dan bila dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu, maka cukuplah dia hanya mengatakan kepadanya : Jadilah! lalu jadilah ia" (QS. Al-Baqarah: 117)

Dari dua ayat diatas sudah dijelaskan, bahwa putri duyung itu bisa saja ada, karena jika allah sudah berkehendak, apapun bisa terjadi.

Dari penemuan Christopher Columbus dan Henry Hudson, banyak juga yang membantah dan tidak percaya akan cerita mereka tentang penemuan putri duyung. Banyak yang bilang mungkin mereka salah mengira, bahwa yang mereka lihat mungkin adalah dugong atau semacamnya. Tapi menurut saya, tidak mungkin mereka salah melihat, perbedaan manusia dengan dugong itu sangat jelas bedanya,"Wallahu A'lam Bishawab".

Sekian artikel yang dapat saya sampaikan tentang Misteri Sejarah Putri Duyung dan Pendapat dari Berbagai Sumber. Jika ada kesalahan kata atau penjelasan yang kurang sesuai dengan aslinya saya mohon maaf.


Referensi : http://gelut.com/unik/putri-duyung-asli-dan-sejarahnya/
http://misterinews.blogspot.co.id/2015/06/bukti-nyata-keberadaan-putri-duyung.html


EmoticonEmoticon