Misteri Fenomena Black Hole Menurut Ilmuwan dan Al-Quran - Berbagai misteri-misteri yang belum terpecahkan di dunia ini memang tidak ada habisnya, salah satunya adalah Black Hole (Lubang Hitam). Banyak perdebatan yang muncul mengenai Black Hole karena masih belum jelas keberadaannya. Disini kita akan membahas mengenai Black Hole. Berikut Misteri Fenomena Black Hole Menurut Ilmuwan dan Al-Quran.

Misteri Fenomena Black Hole Menurut Ilmuwan dan Al-Quran


Apa itu Black Hole

Black Hole adalah bintang raksasa yang berbentuk seperti lubang hitam dan akan menghisap apa saja yang ada di sekitarnya. Hal itu terjadi karena Black Hole memiliki medan gravitasi yang kuat. Black Hole tidak dapat dilihat secara langsung karena terbuat dari gas, debu dan dapat berjalan puluhan ribu kilometer per detik.

Ukuran Black Hole

Banyak perdebatan yang muncul tentang masalah ukuran Black Hole. Beberapa peneliti menjelaskan bahwa ukuran Black Hole diperkirakan 10 kali lipat lebih besar dari Matahari. Tetapi ilmuwan lain menyatakan bahwa ukuran Black Hole bisa mencapai 1 juta kali dari Matahari, tergantung di bintang mana Black Hole tersebut tercipta. Dan ada juga yang berpendapat bahwa Black Hole berukuran 4 juta kali Matahari.

Keberadaan Black Hole

Galaksi Bima Sakti memiliki 100 miliar lebih bintang yang berarti sekitar 100 juta Black Hole dapat muncul di galaksi ini. Di planet yang kita tinggali sekarang ini, terdapat sebuah tempat yang diperkirakan adanya Black Hole, yaitu Segitiga Bermuda. Kenapa banyak orang bilang terdapat Black Hole disana? Karena kapal atau pesawat yang melintasi kawasan itu lenyap secara tiba-tiba. Tapi menurut saya itu bukan Black Hole, karena jika itu Black Hole, pasti Bumi ini telah terhisap olehnya.

Pernah terjadi suatu kejadian, yaitu peneliti sedang melihat cahaya bintang yang tiba-tiba menghilang secara mendadak. Diperkirakan penyebab dari hilangnya bintang tersebut karena terhisap oleh Black Hole yang sedang melintas.

Kemungkinan yang terjadi jika manusia masuk ke Black Hole

1.  Melihat cincin terang raksasa dan bulan sabit

Meskipun manusia tidak dapat melihat bentuk dari Black Hole, orang yang berada di dalamnya kemungkinan akan melihat cincin terang raksasa dan bulan sabit mengelilingi Black Hole. Menurut penelitian yang dilakukan Astrofisikawan dari University of Arizona, manusia dapat melihat dengan jelas di dalam Black Hole meskipun di dalam sana diperkirakan gelap.

2.  Mati Terkoyak

Dari penelitian yang dilakukan oleh beberapa ilmuwan, ketika manusia memasuki Black Hole, tubuh manusia akan merenggang dan memanjang. Manusia pun tidak dapat lari dan kembali dari Black Hole, karena menurut ilmuwan, perjalanan menuju Black Hole merupakan perjalanan satu arah. Gravitasi pada kaki manusia akan terasa lebih kuat jika dibandingkan dengan gravitasi kepala. Perbedaan gravitasi ini akan menyebabkan tubuh manusia terkoyak.

Misteri Black Hole menurut isi Al-Quran

Sebelum peneliti menemukan keberadaan Black Hole, Allah sudah lebih dulu menjelaskan Black Hole di dalam Al-Quran. Yaitu dijelaskan pada surah at-Takwir ayat 15-16 yang artinya :

"Aku bersumpah demi bintang tersembunyi. Yang bergerak cepat lagi menyapu."

Dalam ayat ini, dijelaskan dengan jelas keberadaan Black Hole itu memang betul adanya. Penjelasan yang pertama dari kata "bintang tersembunyi," ini sama persis dengan pendapat ilmuwan mengenai Black hole yang tidak dapat dilihat secara langsung. Yang kedua "bergerak cepat," sangat sesuai dengan sifat Black Hole yaitu mampu berjalan puluhan ribu kilometer per detik. Yang ketiga "menyapu," Black Hole menyapu atau menelan apa saja yang ada di sekitarnya.

Dari penjelasan tersebut, Black Hole memang sudah dijelaskan di dalam Al-Quran, tetapi belum jelas kebenarannya. Karena para ulama hanya menafsirnya saja. Hanya Allah lah yang mengetahui segalanya.

Sekian artikel yang dapat saya sampaikan tentang Misteri Fenomena Black Hole Menurut Ilmuwan dan Al-Quran. Jika ada kesalahan kata atau penjelasan yang kurang sesuai dengan aslinya saya mohon maaf.

Baca juga : Mengungkap Aliran Kepercayaan Voodoo dan Faktanya


EmoticonEmoticon